Sabtu, 07 Agustus 2010

Kegiatan Pembuatan Logo SMPN 1 Sidoarjo

Summary

Today was first day of  Independent Day Event in SMPN 1 Sidoarjo (Spenzadha). This event has  4 categories ; Mading On The Spot (MOS), Journalist Blog Competition, Design Logo Spenzadha, and Campaign and Yelling Competition. The participant of this contest was all students of Spenzadha. Today’s event was making logo design of Spenzadha. The event started at 08.30 a.m.  All of student attended this event. They used their laptop and their creativity for making logo. According to student of 1st grade, this event was amazing and awesome. But, according to student of 2nd and 3rd grade, this event was distressing and different from the past years. Especially for my class which haven’t prepared.  The event finished at 11.30 a.m.

Kegiatan Pembuatan Logo SMPN 1 Sidoarjo

Acara Peringatan HUT RI di SMPN 1 Sidoarjo (Spenzadha)  tahun ini diperingati dengan cara yang sedikit berbeda. Acara tahun ini adalah Lomba Mading, Lomba Jurnalis, Lomba Design Logo, dan Lomba Yel-Yel. Anak-anak yang sebelumnya mengharapkan jalan sehat, pertandingan basket, dan lomba-lomba menyenangkan lainnya menjadi kecewa. Apalagi acara lomba tahun ini baru diumumkan kemarin, 1 hari sebelum lomba pertama dimulai.
Hari ini adalah hari pertama dilaksanakannya acara-acara tersebut. Acara hari ini adalah Lomba Membuat Logo Spenzadha. Kehebohan acara hari ini dimulai ketika Pak Aris membunyikan bel tanda dimulainya lomba. Semua peserta, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9 segera membuat logo dengan kreatifitas masing-masing. Mereka diberi waktu 3 jam mulai pukul 08.30 hingga 11.30 untuk membuat logo yang isinya mengacu pada prinsip BLP (Building Learning Power) dan visi-misi sekolah.
Peserta dari kelas saya, yaitu 9-8, beranggotakan Ratih, Aldo, dan Rifqi. Mungkin, mereka merupakan salah satu peserta paling tidak siap. Mereka tidak mempunyai program Adobe Photoshop ataupun Correl Draw di laptop yang mereka bawa. 30 menit berlalu dan mereka belum berhasil membuat apapun. Saya sedih harus meliput apa dari mereka, akhirnya saya memutuskan untuk melihat logo dari peserta lain.
STRES. Ekspresi stres Ratih ketika memikirkan design logo. (captured by Widya Prihesti / IX-8)


Pertama-tama, saya mendatangi peserta dari kelas 7-1. Rupanya mereka juga sedang bingung. Mereka baru menentukan warna apa yang akan digunakan. Saya berkata dalam hati, kalau hanya tahu warnanya tetapi tidak tahu bentuk logonya, lalu bagaimana?. Saya menanyakan pendapat mereka tentang lomba ini. Dengan anehnya mereka menjawab : terlalu mepet tetapi seru. Saya tertawa, karena menurut saya pendapat mereka lucu sekali.
KERJA SAMA. Tim dari kelas 7-1 sangat kompak dalam mendesign logo  (captured by Widya Prihesti / IX-8)  

Kemudian saya melihat logo yang dibuat anak kelas 8-5. Mereka menggunakan Adobe Photoshop, dan hasilnya lumayan bagus –apalagi jika dibandingkan dengan kelas saya yang baru berhasil membuat lembar putih bersih. Mereka berpendapat bahwa acara tahun ini terlalu berkonsep IT. Walaupun terkesan canggih, acara tahun ini kalah seru jika dibandingkan acara tahun lalu. Saya setuju sekali dengan pendapat mereka J
SANTAI tetapi SERIUS. Peserta dari kelas 8-5 yang membuat design logo (captured by Widya Prihesti / IX-8)

Ketika saya kembali ke Ratih, Aldo, dan Rifqi, saya sangat terkejut karena mereka sudah setengah jalan. Entahlah mereka mendapat Correl Draw darimana, yang penting mereka sudah mulai membuat logo. “Membosankan, menyusahkan, merepotkan, melelahkan, dan sebagainya”, itulah pendapat Ratih tentang acara ini.
Pukul 11.00, mereka berhasil menyelesaikan logo walaupun waktu yang tersisa hanya 30 menit dan hasilnya lumayan memuaskan. Sejujurnya, saya merasa bahwa logo itu agak alay gimana gituuuuuu. Tetapi saya salut karena mereka mampu menyelesaikan logo itu walaupun pada awalnya mereka kebingungan.
Ketika saya sedang duduk-duduk karena kelelahan di depan kelas 8-4, saya melihat Pak Suhartono sedang lewat. Lalu saya berinisiatif untuk menanyakan pendapat beliau tentang acara hari ini. Beliau menjawab dengan sangat antusias, bahwa meskipun hari ini banyak acara yaitu kegiatan sekolah, peringatan HUT RI, LDKS dan sebagainya, semua tetap bersemangat dan semua acara dapat berjalan dengan lancar.
Sekian liputan saya tentang acara hari ini. Semoga informasi yang saya tulis membawa inspirasi bagi pembacanya J
MERIAH. Suasana saat lomba membuat design logo SMPN 1 Sidoarjo sangat meriah. (captured by Widya Prihesti / IX-8)


Written By : Widya Prihesti / IX-8 

3 komentar: